Menu
RSS

Nilai-nilai ESDM

  • Written by Super User

       Nilai-Nilai Luhur Pelayanan Publik

 

Pinsip : Dasar perilaku pejabat publik yang baik adalah pengabdian, niat untuk mengelola pelayanan kepada masyarakat, serta mendukung dan mendorong pihak lain yang memberi pelayanan masyarakat.

Para pendiri Negara Indonesia meninggalkan warisan yang luar biasa untuk bangsa Indonesia. Warisan luar biasa itu berupa ide-ide, nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang dijadikan sebagai dasar kehidupan sebagai suatu bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur. Prinsip-prinsip tersebut memberi inspirasi kepada bangsa Indonesia untuk melanjutkan reformasi sebagaimana diamanatkan dalam UUD 1945, dan Pancasila.

Negara dan Pemerintah Indonesia dibentuk dengan tujuan untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia. Tujuan pembentukan Negara itulah yang harus selalu dipegang dan dijadikan landasan dalam melaksanakan kehidupan berbangsa dan bertanah air.

Undang-Undang Dasar mengamanatkan bahwa Pemerintah dan Negara bertujuan untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Salah satu bentuk peningkatan kesejahteraan umum dilakukan dengan mewujudkan pelayanan publik yang baik. Undang Undang tentang Pelayanan Publik (UU No 25/2009) menjadi landasan bagi peningkatan pelayanan publik oleh para penyelenggara Negara di semua lini.

Undang-Undang pelayanan publik menetapkan duabelas asas-asas. Tetapi seperti halnya undang–undang lainnya, UU nomor 25 tahun 2009, belum mengatur secara lengkap bagaimana seharusnya penyelenggara pelayanan publik bertindak sesuai dengan asas-asas dimaksud. Juga belum diatur bagaimana para pejabat dan pegawai negeri akan berperilaku dan memotivasi diri untuk melayani.

Undang-Undang Pelayanan Publik, dengan asas-asas pemerintahan yang baik (good governance), harus menjadi inspirasi untuk membangun dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, agar bebas dari KKN. Banyak orang yang sudah tahu asas-asas dan prinsip-prinsip pemerintahan yang baik. Tapi harus diakui, belum semua orang melaksanakan asas dan prinsip yang sudah diketahuinya. Banyak diantara penyelenggara pelayanan publik yang sudah memahami asas-asas pemerintahan yang baik, tapi mereka gagal memberikan pelayanan publik yang baik. Karena itu, para penyelenggara negara, pejabat publik, pegawai negeri, dan setiap orang yang terkait dengan penyelenggaraan pelayanan publik berkewajiban untuk menjabarkan prinsip dan asas pelayanan yang baik dalam dalam bentuk rencana kerja yang rinci dan terukur. Rencana kerja dengan asas-asas tersebut dilaksanakan sehari-harinya oleh setiap unit pelayanan publik.

Tulisan ini mengajak semua orang, untuk ikut serta dalam dialog tentang pelaksanaan nilai-nilai luhur dan prinsip-prinsip pemerintahan yang baik dan pengelolaan pelayanan publik yang baik. Dialog itu diharapkan untuk memberi inspirasi dan mendorong pejabat-pejabat, baik di pusat maupun di daerah, baik yang melayani masyarakat maupun yang memberikan pelayanan internal, untuk selalu berperilaku sesuai dengan prinsip pelayanan publik dan pemerintahan yang baik. Pada saat yang sama mereka diwajibkan untuk secara terus menerus memperbaiki kinerjanya. Dialog yang dimaksudkan akan dilaksanakan secara berkala, dan berkelanjutan sampai semua pihak ikut memberi masukan dalam peningkatan kualitas birokrasi kita.

Dialog dapat diperluas dalam berbagai bentuk, melalui koran, TV, internet, Facebook, Twitter, di kantor, atau dimana saja. Masyarakat mempunyai hak untuk memberi masukan kepada entitas pemerintah melalui dialog atau melalui media lainnya. Semua entitas pemerintah semestinya menyiapkan situs (website) untuk menerima komentar dan tanggapan dari masyarakat. Masyarakat diharapkan mendorong pemerintah kita untuk berlaku adil dan transparan, dan bertindak rendah hati dihadapan masyarakat sesuai dengan nilai-nilai luhur yang menjadi jiwa dari bangsa Indonesia.

Dengan secara terus menerus membuka dialog untuk menterjemahkan nilai-nilai luhur bangsa, secara berangsur-angsur pelayanan publik di Indonesia akan menjadi kebanggaan dan memberi dampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Secara bertahap manajemen publik kelas dunia di Indonesia bisa terwujud.