Menu
RSS

Merajut Asa Lewat Konkit Untuk Nelayan

  • Written by 
Merajut Asa Lewat Konkit Untuk Nelayan

Demak, Panas terik tidak mengurangi semangat Fauzi Haryanto (46), mengikuti acara Penyerahan Konverter Kit (Konkit) Untuk Nelayan Kecil di Pelabuhan Perikanan Pantai Desa Moro, Kabupaten Demak, Kamis (7/9). Laki-laki asal Kecamatan Karang Tengah yang sudah 7 tahun berprofesi sebagai nelayan itu merupakan salah satu dari 513 penerima paket perdana konkit tahun 2017 yang diberikan Pemerintah secara gratis untuk Kabupaten Demak.

"Saya sudah terima paketnya sejak tanggal 25 Agustus 2017. Tidak ada kesulitan memakainya karena sebelumnya sudah diajari penggunaannya. Sejak memakai LPG, banyak keuntungan yang dirasakan," papar Fauzi.

Dia menceritakan, ketika masih menggunakan BBM, ia harus mengeluarkan uang sekitar Rp 17.000 untuk sekali melaut, dari subuh hingga tengah hari. Setelah menggunakan LPG, untuk setiap tabung ukuran 3 kg yang dibeli seharga Rp 16.000, dapat digunakan melaut selama 2 hari. Penghematannya sekitar 50%.

Hal senada juga diungkapkan Sutrisno yang sudah setahun menggunakan LPG untuk melaut. Dia mendapatkan paket perdana konkit untuk nelayan di Demak tahun 2016. "Sangat meringankan menggunakan LPG karena biasanya saya melaut membutuhkan 3 liter bensin atau seharga Rp 25.500. Sekarang in 1 tabung LPG bisa dipakai 2 hari. Sangat hemat," katanya.

Dengan adanya penghematan biaya bahan bakar, para nelayan kecil ini dapat menabung serta meningkatkan kesejahteraan keluarganya. "Saya ucapkan terima kasih kepada Pemerintah yang sudah membantu kami. LPG lebih irit. Kami bisa menabung untuk keluarga," ucap Sutrisno.

Harapan menggunakan LPG dapat memperbaiki ekonomi keluarga juga diungkapkan Fauzi. Sisa uang pembeli bahan bakar, akan digunakannya untuk membiayai pendidikan anaknya. "Mudah-mudahan bisa meningkatkan kebahagiaan bagi keluarga kami. Tepatnya dalam pendidikan anak. Yang mulanya hanya tamat SD dan SMP, bisa sekolah lebih tinggi lagi," ucapnya penuh harap.

Nelayan kecil lainnya seperti Matlawi dan Ahmad Suyuti yang tengah menunggu giliran kapalnya dipasang konkit, juga menyimpan asa serupa yaitu dapat meningkatkan kesejahteraan keluarganya. "Saya dengar dari teman-teman, pakai LPG lebih irit. Semoga dapat meningkatkan ekonomi keluarga kami," ujar Suyuti.

Sebanyak 513 nelayan kecil di Demak menerima paket perdana konverter kit dari Pemerintah. Pembagian konkit ini merupakan bagian dari 16.981 paket konkit untuk nelayan yang dibagikan tahun 2017 di 26 kabupaten/kota. Ini merupakan kali kedua nelayan Kabupaten Demak mendapat bantuan paket perdana konkit. Sebelumnya pada tahun 2016, telah dibagikan 400 unit.

Paket perdana yang dibagikan kepada nelayan berupa mesin kapal, konverter kit dan tabung khusus LPG

Nelayan yang berhak menerima konverter kit (konkit) harus memenuhi syarat, antara lain memiliki kapal kecil atau kurang dari 5 GT dan berbahan bakar bensin, kapal berdaya mesin lebih kecil atau sama dengan 13 HP dan menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan. Selain itu, belum pernah menerima bantuan serupa. 

back to top