Menu
RSS

Produksi Minyak Blok Cepu Lapangan Banyu Urip 125 Ribu Barel Per Hari

  • Written by 
Produksi Minyak Blok Cepu Lapangan Banyu Urip 125 Ribu Barel Per Hari

Bojonegoro (beritajatim.com) – Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Ellan Biantoro mengatakan produksi harian minyak mentah lapangan Banyu Urip Blok Cepu di Bojonegoro akan meningkat menjadi 125 ribu barel per hari (bph) pada bulan Juli ini.

Produksi minyak mentah itu meningkat 40 ribu barel perhari dari produksi saat ini 80 ribu barel per hari. Menurut Ellan, penambahan jumlah produksi itu tidak terlepas dari proses pemindahan pengaliran minyak dari tapak sumur (well pad) B ke pusat fasilitas produksi (central processing fasility/CPF).

"Iya per Juli tahun ini produksi harian Banyuurip Blok Cepu jadi 125 ribu barel per hari," ujar Ellan Biantoro, Kamis (09/07/2015).

Jumlah produksi tersebut merupakan persiapan menuju puncak produksi sebesar 165 ribu barel perhari. Puncak produksi menurut dia, rencananya akan dilakukan pada Oktober 2015.

Kini, produksi Lapangan Banyuurip Blok Cepu mencapai lebih dari 80.000 barel per hari dengan rincian 30.000 barel per hari dari tapak sumur (well pad) A, 10.000 barel per hari dari tapak sumur C, dan 35.000 barel per hari dari tapak sumur B.

Menurut Field Public and Goverment Affairs and Manager ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), Rexy Mawardijaya bertambahnya produksi lebih 80.000 barel per hari bisa diperoleh dari berbagai tapak sumur baik tapak sumur A, B, maupun tapak sumur C.

Selain itu, bisa diperoleh dari  produksi awal  minyak mentah (early oil expansion) yang kini berproduksi 10.000 barel per hari. "Sifat tapak sumur itu naik turun atau fluktuatif, terkadang dari produksi 10.000 barel per hari bisa naik menjadi 11.000 barel per hari," ujarnya.

back to top