Menu
RSS

Status Siaga, Radius Aman G. Raung 3 Km

  • Written by 
Status Siaga, Radius Aman G. Raung 3 Km

SURABAYA – Setelah dinaikan statusnya dari dari Level II (Waspada) menjadi Level III (Siaga) pada tanggal 29 Juni 2015 yang lalu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengeluarkan rekomendasi agar Masyarakat di sekitar G. Raung dan pengujung/wisatawan/pendaki tidak diperbolehkan mendekati kawah yang ada di puncak G. Raung dalam radius 3 km dari pusat kawah aktif.

Selan tidak mendekati kawah aktif dalam radius 3 km, PVMBG juga meminta masyarakat di sekitar G. Raung tetap tenang, tidak mendengarkan isu-isu tentang letusan G. Raung. PVMBG akan selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Propinsi Jawa Timur (BPBD) dan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember (BPBD Kabupaten) tentang aktivitas G. Raung, demikian rilis yang diterima esdm.go.id, Selasa (30/6).

Aktifitas vulkanik G, Raung belakangan ini terus meningkat yang ditandai dengan letusan abu dan lontaran material pijar di kawah puncak serta kegempaan Tremor sejak tanggal 21 Juni 2015. Amplituda Tremor meningkat terus secara signifikan sampai hari ini pukul 06.00 WIB dengan amplituda rata-rata 21 mm. Berdasarkan hasil pengamatan kegempaan dan visual serta analisis data, maka tingkat aktivitas G. Raung terhitung tanggal 29 Juni 2015, pukul 09.00 WIB dinaikan dari Level II (Waspada) menjadi Level III (Siaga).

Potensi bencana G. Raung berupa erupsi material vulkanik yang sebaran materialnya berupa aliran lava, hujan abu lebat dan lontaran batu (pijar) di sekitar kawah dalam radius 3 km dari pusat erupsi. Sedangkan wilayah diluar 3 km dari pusat erupsi merupakan kawasan yang berpotensi terlanda hujan abu, bergantung arah dan kekuatan

Tingkat aktivitas G. Raung akan diturunkan/dinaikkan jika terjadi penurunan/ peningkatan aktivitas vulkanik. Pemantauan secara intensif terus dilakukan guna mengevaluasi aktivitas G. Raung, serta pemahaman akan aktivitas G. Raung harus tetap dilakukan secara intensif melalui kegiatan sosialisasi tentang ancaman aktivitas erupsi G. Raung

back to top