×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 572

Menu
RSS

Pengusaha Turki Akan Bangun Energi Geothermal di Bromo

  • Written by 
 Energi Geothermal di Bromo Energi Geothermal di Bromo

REPUBLIKA.CO.ID,  SURABAYA -- Seorang pengusaha asal Turki, Emin Hitay akan membangun energi geothermal atau panas bumi di kawasan Gunung Bromo di luar taman nasional, serta dua daerah lainnya di Jawa Timur.

"Kawasan lain yang akan dibangun energi panas bumi yakni Gunung Lamongan di Probolinggo, dan Gunung Raung di Banyuwangi," ujar Gubernur Jatim Soekarwo usai menerima kunjungan Emin Hitay di Gedung Negara Grahadi, Selasa (26/3).

Menurut dia, saat ini Turki mengalami kelebihan uang akibat pertumbuhan ekonomi yang menurun dari 8,9 persen menjadi 3,4 persen. Uang pun menjadi beban pemerintah karena investasi tidak berjalan.

Karena itu, Hintay melalui PT Hintay Renewable Energy memilih Jatim untuk dijadikan lahan invetasi di bidang energi. Soekarwo mengaku telah mendapat izin dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik untuk eksplorasi.

"Nilai investasi yang akan ditanamkan sebesar 2,5 miliar Dollar Amerika Serikat. Potensi energi panas bumi yang diperkirakan mencapai 500 megawatt di sekitar Bromo," kata gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo itu.

back to top